Menu bar

Konfigurasi bridge mikrotik dengan cara profesional

Share it Please
Bridge pada mikrotik


animasi-bergerak-internet-0017Router mikrotik merupakan salah satu router yang handal untuk keperluan networking karena disetiap bagian dari port mikrotik dapat di masukkan dengan ip yang berbeda...
Tapi adakalanya agan ingin memungsikan port interface router sebagai bridge. Nah untuk keperluan seperti ini router mikrotik sudah memiliki fitur "bridge" yang memungkinkan agan untuk men-set ip addres yang sama pada beberapa port interface.

Pada kesempatan kali ini postingan ini membahas mengenai interface bridge. Di dalam tutorial ini akan di buat bridge interface untuk port interface ether 2 dan wlan1, agar nantinya client yang terkoneksi melalui port interface ether2 bisa mendapatkan segmen ip addres yang sama dengan client yang terkoneksi melalui via wireless.

Sekarang masuk pada tahap konfigurasinya.
Buka winbox agan dan masuk pada menu bridge, bila sudah masuk klik add (+). Di tab general masukkan name bridge-nya, setelah itu klik apply lalu ok.

   

 

Di tahap ini masukkan port interface yang akan di jadikan bridge, pada contoh dalam postingan ini port interface yang akan di gunakan adalah ether2 dan wlan1.

Masih dalam menu bridge, masuk pada tab ports > lalu klik add (+), untuk parameter interface silahkan pilih port yang akan di jadikan bridge. Kemudian ulangi cara konfigurnya sesuai jumlah port interface yang akan di jadikan bridge. Bila sudah klik apply lalu ok.
 
 



untuk memastikan bridge yang telah di buat running atau belum, klik menu interface di sebelah kiri. Bila bridge yan di buat berhasil akan ada tulisan flag r di.

 



Bila sudah selesai proses membuat bridge-nya, sekarang tinggal memasukkan ip address untuk bridge-nya.

 



Sebenarnya sampai disini sudah selesai tetapi kita lakukan dhcp dulu pada interface bridge-nya. Masuk pada menu ip > pilih dhcp setup.

l



Nah demikianlah tadi cara membuat interface bridge. Kalau ada ktitik dan saran tolong masukkan di kotak komentar.

Salam Blogger...
Salam TKJ... 

No comments:

Post a Comment

Designed By Templateism - Distributed by Copy Blogger Themes