Menu bar

MENJALANKAN MIKROTIK DI GNS3 DAN VIRTUALBOX (PART 5)

Share it Please
Management User Mikrotik

Oke guys sesuai janji saya tentang postingan sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai Management user mikrotik. Tetapi sedikit penjelasan pada konfigursi ini anda akan membuat dua user yang berbeda grubnya.

Full : bisa melihat dan elakukan konfigurasi dan juga bisa menambah, mengubah sekaligus menghapus user.
Write : bisa melakukan konfigurasi tetapi tidak dapat menambah user baru dan juga tidak dapat melakukan proses backup konfihurasi.
Read : hanya dapat melakukan monitoring pada sistem.

Langsung saja pada konfigurasinya kita akan membuat user, pada user pertama berinama Smk6palu-1, untuk membuat user anda bisa masuk kemenu System > user add (+). Kemudian masukkan nama dan grub dari user yanganda buat, disini anda membuat user dengan akses read, ika ingin memberi password anda bisa menaruh pada kolom password.

 


Setelah selesai membuat user smkn6palu-1 selanjutnya anda membuat user 2 yakni smkn6palu-2, caranya masih sama seperti sebelumnya hanya saja name dan grubnya yang berbeda, untuk smkn6palu-2 grubnya 

 


Untuk lebih paham tentang grup atau hak akses dari setiap user anda bisa melihatnya pada gambar berikut secara default, sebenarnya anda bisa merubah hak akses setip grub dengan yang anda inginkan.

  



Sekarang anda akan menguji hak akses user yang telah dibuat tadi, pertama anda login menggunakan smkn6palu-1 di winbox.

 



Kemudian coba anda melakukan konfigurasi contohnya anda akan mengedit ip address dengan menggunakan user smkn6palu-1, karena aksesnya read maka user ini tidak bisa melakukan konfigurasi.


 

Sekarang anda menguji hak akses user yang telah dibuat tadi, pertama anda login menggunakan user smkn6palu-2 menggunakan winbox.


 


Kemudian coba anda menambah user baru dengan menggunkan user smkn6palu-2, karena hak aksesnya adalah write maka tidak dapat menambah atau menghapus user lain.
 
 

Begitulah tutor yang saya jelaskan dan bila ada kesalan mohon di maafkan ya guys.

"semoga bermanfaat"
 

 
 

No comments:

Post a Comment

Designed By Templateism - Distributed by Copy Blogger Themes